Jumat, 05 September 2008

APA ITU PAKEM

Apa itu PAKEM?
PAKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Belajar memang merupakan suatu proses aktif dari si pembelajar dalam membangun pengetahuannya, bukan proses pasif yang hanya menerima kucuran ceramah guru tentang pengetahuan. Jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif, maka pembelajaran tersebut bertentangan dengan hakikat belajar. Peran aktif dari siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif, yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain. Kreatif juga dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Menyenangkan adalah suasana belajar-mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya ("time on task") tinggi. Menurut hasil penelitian, tingginya waktu curah perhatian terbukti meningkatkan hasil belajar. Keadaan aktif dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses pembelajaran tidak efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, sebab pembelajaran memiliki sejumlah tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Jika pembelajaran hanya aktif dan menyenangkan tetapi tidak efektif, maka pembelajaran tersebut tak ubahnya seperti bermain biasa.Secara garis besar, PAKEM dapat digambarkan sebagai berikut:
Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa.
Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan ‘pojok baca’
Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkam siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.

Bagaimana Pelaksanaan PAKEM?
Gambaran PAKEM diperlihatkan dengan berbagai kegiatan yang terjadi selama KBM. Pada saat yang sama, gambaran tersebut menunjukkan kemampuan yang perlu dikuasai guru untuk menciptakan keadaan tersebut. Berikut adalah tabel beberapa contoh kegiatan KBM dan kemampuan guru yang besesuaian.

4 komentar:

  1. Assalamualaikum !!!
    Nama saya Baihaqi mahasiswa STKIP Banjarmasin semester III
    Metode PAKEM sanagat saya harapkan dalam pembelajaran saat ini, karena memang dapat meningkatkan semagat belajar saya, contohnya saja saya tidak bersemangat mengikuti perkuliahan kalau ada dosen atau pendidik yang pribadinya gampang marah dan menunjukkan aura ketegangan. Menurut saya orang yang bisa menerapkan metode PAKEM adalah orang yang emosinya cerdas. Semoga pendidik tidak hanya luas pengetahuannya tetapi juga memiliki kecerdasan emosional yang bagus.

    BalasHapus
  2. mawardi

    pembelajaran adalah proses pembentukan manusia.manusia memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda.mereka juga memiliki motivasi yang tak sama.
    guru yang baik adalah motivator yang ulung.yang mampu untuk melihat setiap potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu, kemudian mengarahkannya.
    dia mampu untuk menumbuhkan semangat dari dalam tiap muridnya.
    sehingga simurid tidak hanya berprestasi di kelas,tapi dia mampu tumbuh dilingkungannya.

    ingat, wong bodo kalah karo wong pinter. tapi wong pinter kalah karo wong bejo.

    BalasHapus
  3. looking forward your writing about thesis! thanks.keep going;)

    salma

    BalasHapus
  4. PAKEM SANGAT BERMANFAAT LHO !?

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia